Tips Pinjaman Dana disetujui

tips pinjaman dana disetujui

Tips Pinjaman Dana disetujui – Uang menjadi kebutuhan manusia yang paling utama. Banyak diantara kita yang tiba-tiba butuh dana untuk keperluan yang mendesak, namun gagal mendapat pinjaman dana dari bank. Ada banyak  sekali yang mengalami hal demikian. Sangat kecewa sekali pasti saat sudah optimis mendapat pinjaman atau kredit dari bank, ternyata malah ditolak.

Kredit atau yang dalam Bahasa Latinnnya disebut credere memiliki arti “Kepercayaan”. Sesuai dengan artinya kredit memang berangkat dari kepercayaan bank terhadap nasabahnya atau calon debiturnya. Artinya jika debitur tidak bisa dipercaya untuk bisa mengembalikan uang, maka bank secara otomatis akan menolaknya. Dalam hal ini, pihak bank juga pastinya memperhatikan faktor-faktor untuk memanajemen resiko dengan tujuan menghindari kredit macet.

Disaat kredit ditolak, kadang kita juga bingung apa alasan nya ditolak. Sementara pihak bank tidak memiliki kewajiban untuk memberikan alasan. Mungkin yang alasan salah satunya adalah berkas yang tidak lengkap, atau gaji yang terlalu rendah, sehingga bank kurang bisa mempercayai calon debiturnya. Atau alasan yang lain, setiap bank pasti memiliki alasan yang berbeda-beda dalam menyetujui pengajuan pinjaman atau menolaknya. Namun, secara umum bank memiliki standar yang menjadi acuan menyetujui atau menolak permohonan kredit.

Jadi, bagaimana agar pengajuan kredit kamu diterima. berikut akan dijelaskan beberapa tips pinjaman dana disetujui.

Yang pertama, tentukan tujuan kredit kamu. Ada banyak sekali jenis pinjaman dana, bisa pinjaman modal, pinjaman usaha, atau yang lain. Dan juga apa tujuan kamu melakukan pinjaman dana, karena tidak mungkin kan tiba-tiba kamu pinjam uang tanpa ada masalah. Hal ini akan sangat penting pada sesi wawancara, karena hal tersebutlah yang pasti akan ditanyakan oleh pihak bank.

Tips kedua yaitu, pastikan kamu memenuhi kriteria dan syarat calon penerima kredit. Jangan sampai kamu mau mengajukan kredit namun ternyata usia masih belum layak, atau masih pengangguran, dan lain sebagainya. Hal tersebutlah yang sudah pasti dilihat pertama oleh pihak bank pada saat mengajukan peminjaman uang. Pada umumnya, pihak bank memiliki beberapa kriteria terhadap calon debiturnya, yaitu diantaranya usia, kewargaganegaraan, pekerjaan, dan domisili. Pastikan dulu hal-hal yang disebutkan tadi, agar kamu lolos mendapat pinjaman.

Baca juga: Keunggulan Pinjaman Dana Tunai Online Bagi Kaum Muda Milenial

Lanjut ke tips yang ketiga, isi formulir dengan jujur, lengkap, dan konsisten. Pasti saat akan mengajukan kredit kamu akan disodorkan formulir dan diminta untuk mengisinya terlebih dahulu. Jadi, lakukan saja dan isi formulir tersebut dengan apa adanya. Dan yang perlu diperhatikan juga, pertanyan-pertanyaan dalam formulir biasanya saling berkaitan, jadi jangan lupa untuk tetap konsisten dengan jawaban kamu. Jika kamu merasa bingung atau kesulitan saat mengisi formulir yang diberikan oleh pihak bank, kamu bisa minta tolong kepada customer service, karena bertanya lebih baik dari pada tersesat nantinya dan tidak mendapat pinjaman.

Tips yang keempat, pastikan berkas-berkas yang disyaratkan oleh bank terpenuhi. Syarat yang diajukan setiap bank pasti berbeda-beda. Pada umumnya, syarat berkas yang harus ada pastinya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu Keluarga (KK), slip gaji, dan mungkin itu kurang lebih. Jadi pastikan kamu membawanya semua, dan jangan hanya membawa satu. Kamu mungkin bisa menggandakannya menjadi tiga atau lima untuk berjaga-jaga, atau bisa kamu persiapkan sesuai jumlah yang diminta oleh pihak bank. Perlu diperhatikan juga masa berlaku, mungkin bila ada yang sudah kadaluarsa, segera perbaharui terlebih dahulu karena sudah bisa dipastikan kamu akan kembali dengan tangan kosong jika tetap memaksakannya. Jika syarat-syarat sudah lengkap terpenuhi, kesempatan mendapat kredit juga akan lebih besar.

Tips kelima, pintar-pintarlah memilih bank. Ini juga bisa menjadi penentu, selain yang dilihat dan dibandingkan berdasarkan suku bunganya, kamu juga perlu melihat dari sisi kemudahannya dalam memberikan persetujuan peminjaman. Namun, tetap saja, kemudahan persetujuan kredit dipengaruhi oleh banyak faktor yang lainnya. Paling tidak, jika kamu pintar memilih bank, peluang untuk mendapat pinjaman juga pasti akan lebih besar.

Baca juga: Tips & Trik Mengatur THR Agar Tidak Cepat Habis

Selanjutnya, tips keenam, jika kamu pernah melakukan pengajuan kredit, pastikan kamu punya riwayat kredit yang baik. Ini akan menjadi bagian dari penilaian pihak bank. Meskipun kamu mengajukan kredit pada bank yang berbeda dengan yang sebelumnya, pihak bank masih bisa mengetahuinya melalui BI checking. Hal tersebut dikarenakan, seorang debitur yang sudah pernah melakukan kredit datanya akan tercatat dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Jadi, jika kamu pernah merasa terjadi masalah pada kredit sebelumnya, sedikit kemungkinan kamu bisa mendapat kredit lagi. Namun, bila kamu pertama ini patut kamu ketahui juga untuk menjaga hubungan baik dengan pihak bank, agar dipercaya saat akan mengajukan lagi.

Tips selanjutnya adalah cek ulang sekali lagi informasi dan verifikasi yang akan kamu berikan. Tidak perlu terburu-buru mengumpulkan formulir yang sudah kamu buat. Lebih baik, di cek ulang, apakah ada data yang salah, atau ternyata jawaban kamu tidak sesuai dengan pertanyaan. Tidak ada salahnya untuk mengecek kembali mulai dari informasi pribadi, informasi pekerjaan, penghasilan, dan informasi yang yang lain yang ada dalam formulir. Jika sudah yakin, langsung saja kumpulkan.

Baca juga: Jaminan OJK untuk Pinjaman Dana Online yang Aman

Tips berikutnya adalah jaga hubungan baik dengan pihak bank. Seperti yang sudah di tips keenam, riwayat nasabah akan sangat mempengaruhi disetujui atau ditolaknya pengajuan kredit. Jadilah mitra yang saling menguntungkan satu sama lain. Bahkan mungkin, jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan bank, bisa saja mendapat tawaran menarik atau promo-promo yang menguntungkan kamu.

Mungkin itu saja beberapa tips pinjaman dana disetujui. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang ingin mengajukan pinjaman uang di bank. Atau mungkin kamu juga ingin melakukan pinjaman secara online yang tentu saja tidak perlu pakek ribet. Kamu bisa langung ke CekAja.com, untuk mendapat tawaran-tawaran menarik dan dengan proses yang mudah.

Tinggalkan Balasan