Tempat Pinjaman Dana Modal Usaha

Pinjaman modal usaha

Ketika ingin membuka usaha, hal pertama yang mungkin Anda pikirkan adalah bagaimana mendapatkan modalnya. Di mana Anda bisa mendapatkan modal usaha tersebut? Meminjam dana di bank bisa menjadi solusi alternatif untuk mendapatkan dana demi membangun usaha yang diinginkan. Bank merupakan tempat pinjaman dana modal usaha yang paling banyak dicari dan diminati.

Saat ini mayoritas bank memang memfasilitasi pinjaman dana untuk nasabahnya. Ada yang memberikan persyaratan jaminan, tapi ada pula yang memberikan dana tanpa jaminan. Namun dari kedua jenis pinjaman tersebut, tentunya ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi.

Berikut syarat-syarat yang harus dipersiapkan:

1. Siapkan Berkas-Berkas Mengenai Identitas Diri

Persyaratan umum dan wajib dipenuhi ketika ingin mengajukan pinjaman adalah fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Identitas diri ini harus sesuai dengan alamat tinggal saat ini. Jika berbeda, Anda harus mencatumkan surat keterangan domisili dari pihak kelurahan yang ada di wilayah Anda.

2. Akta Nikah (Jika Sudah Menikah)

Anda sudah menikah? Catumkan fotokopi akta nikah untuk membuktikan jika harta tersebut milik bersama. Tentu saja harta bersama ini harus diketahui kedua belah pihak, yaitu suami dan istri.

3. Fotokopi KK atau Kartu Keluarga

Persyaratan lainnya yang perlu dilengkapi adalah fotokopi kartu keluarga (KK). Syarat ini diperlukan pihak bank untuk mengetahui seberapa banyak beban atau anggota keluarga yang menjadi tanggungan Anda.

Dengan adanya fotokopi KK, pihak bank bisa memperkirakan kesanggupan Anda dalam membayar tagihan bulanan. Jika anggota keluarga Anda terlampau banyak, pihak bank bisa saja ragu untuk memberikan pinjaman dana karena kemungkinan Anda bisa keberatan saat melunasi tagihan pinjaman ke bank.

Ajukan Kartu Kredit Banyak Promo di Sini

4. Fotokopi Buku Tabungan

Buku tabungan ini nantinya akan memperlihatkan kondisi finansial Anda. Biasanya yang diperlukan adalah mutasi buku tabungan dalam jangka waktu tiga bulan terakhir. Dengan begitu, nantinya kemampuan finansial Anda dapat terlihat dengan jelas.

5. Slip Gaji

Slip gaji merupakan persyaratan yang sangat dipertimbangkan pihak bank kepada Anda sebagai calon peminjam dana. Adanya slip gaji ini nantinya akan mempermudah pihak bank untuk bisa memberikan keputusan mengenai pinjaman dana yang Anda ajukan.

Jika Anda mengajukan pinjaman dana yang cukup besar, tapi nominal pendapatan Anda sedang-sedang saja, kemungkinan pengajuan pinjaman dana tersebut diterima sangat kecil.

Baca juga: 4 BUMN Sediakan Mudik Gratis, Kamu Pilih Mana?

Syarat slip gaji ini tidak hanya untuk nasabah yang ingin meminjam untuk dana modal usaha saja, ketika ingin mengajukan KPR pun harus menyertakan slip gaji. Karena ini termasuk syarat penting pada bank tempat pinjaman dana modal usaha diajukan.

Nah, jika tidak bisa ke bank, Anda bisa mengajukan pinjaman di tempat lain seperti di Cekaja.com karena di sini menawarkan pinjaman modal usaha juga. Anda bisa langsung cek di website cekaja, atau bisa juga ke https://www.cekaja.com/small-business-banking untuk konsultasi masalah finansial. Di sana sudah terbukti aman dan terpercaya, pengajuan di sini akan diproses dengan cepat.

Tinggalkan Balasan