Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Diketahui

Investasi emas di lingkungan masyarakat sudah tidak menjadi suatu hal yang aneh. Seakan-akan telah menjadi pengetahuan umum bahwa harga emas yang cenderung stabil dengan nilai yang selalu meningkat membuat siapapun yang berinvestasi akan meraih keuntungan.

Bahkan, sejak kehadiran dari peer to peer lending yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan financial technology atau fintech, kepopularitasan dari fintech tetap tidak memudar dan tetap mampu mempertahankan posisinya di bidang investasi.

Terdapat dua bentuk investasi emas yang lazim di lingkungan masyarakat, yaitu investasi dalam bentu emas perhiasan dan investasi dalam bentuk emas batangan. Namun diantara kedua bentuk tersebut, emas batangan lah yang memiliki peminat lebih banyak karena dianggap lebih menguntungkan.

Nah, bagi kamu yang masih awam atau mungkin saja baru pertama kali mendengar mengenai ‘investasi emas’, ketahui dulu yuk keuntungan-keuntungannya. Siapa tahu bisa dijadikan sebagai pilihan investasi mu.

Keuntungan Berinvestasi Emas

1. Mudah Didapat

Dimanapun kamu berada, tidak dapat dipungkiri bahwa emas merupakan salah satu barang yang cenderung cukup mudah didapat, bahkan di pasar tradisional sekalipun. Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman, toko emas itu sendiri juga naik kasta dan telah memiliki berbagai gerai mewah yang bahkan telah masuk di berbagai mall.

Walaupun begitu, kamu juga perlu berhati-hati. Sebagai konsumen, kamu juga harus cerdas dalam memilih dan membedakan mana emas asli dan mana emas palsu. Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya bila kamu membelinya secara langsung di toko yang memang sudah ternama dan memiliki reputasi yang baik.

2. Bisa Ditawar

Jika kamu memilih untuk melakukan investasi dalam bentuk emas batangan, maka harga sudah mutlak dan tak dapat ditawar. Tetapi bila kamu memilih untuk melakukan investasi dalam bentuk emas perhiasan, maka ada kemungkinan harga masih bisa ditawar.

Dikarenakan terdapatnya banyak toko emas yang tersebar, kamu juga bisa melakukan perbandingan dari satu toko ke toko lainnya hingga kamu bisa mendapatkan harga terbaik yang tentunya sesuai dengan dana yang kamu miliki.

Selain itu, tidak hanya dapat disesuaikan dengan dana dan berat, seperti misalkan untuk saat ini kamu baru bisa membeli emas seberat 1 gram, namun emas juga dapat dibeli berdasarkan karat, seperti 18 karat, 22 karat dan 24 karat.

Hanya saja kelemahannya ialah kamu akan mengalami kesulitan jika ingin menjualnya kembali atau menukar tambah, kecuali jika kamu melakukannya di toko yang sama dengan dimana kamu membeli emas tersebut. Jika di toko lain, ada kemungkinan harganya akan turun drastis.

3. Menunjang Penampilan

Mungkin inilah yang menjadi incara mayoritas wanita ketika ingin membeli perhiasan emas, yaitu guna menunjang penampilan. Dulu, banyak yang menggunakan emas untuk menunjukan kemampuannya dalam hal finansial, namun seiring dengan perkembangan zaman, emas juga dijadikan sebagai aksesoris untuk mempercantik diri dan menunjang penampilan.

Terlepas dari itu semua, mengoleksi emas memang bisa dijadikan sebagai instrumen investasi yang sangat menjanjikan, jika dikelola dengan baik. Tetapi, tentu ada beberapa kelemahan yang perlu kamu ketahui mengenai investasi emang ini, yaitu seperti nilai jual yang mengikuti pasar, sehingga tidak semerta-merta selalu memiliki nilai jual yang tinggi melainkan juga akan mengalami penuruan harga dan kecenderungan yang cepat rusak bila digunakan secara terus menerus.

Nah, jika kamu ingin melakukan investasi tetapi masih ragu untuk memilih emas sebagai instrumen investasi yang tepat, kamu masih tetap bisa kok berinvestasi. Di CekAja.com, kamu bisa mengajukan investasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mu. Dengan proses yang cepat dan sangat mudah, kamu bisa segera mewujudkan impian untuk melakukan investasi.

Mau berinvestasi, di CekAja.com saja!

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/investasi/

Tinggalkan Balasan