Jaminan OJK untuk Pinjaman Dana Online yang Aman

Jaminan OJK untuk Pinjaman Dana Online yang Aman

Jaminan OJK untuk pinjaman dana online dapat memberikan rasa aman pada Anda yang ingin melakukan peminjaman dana tunai secara online untuk memenuhi kebutuhan. Dengan terciptanya rasa aman dapat menepis kekurangpercayaan masyarakat pada pinjaman dana online. Karena banyaknya pemberitaan negatif yang muncul di media tentang pinjaman dana yang tergolong baru ini.

Memang pada kenyataannya ada banyak orang yang tertipu akibat melakukan pinjaman dana secara online. Namun, itu hanya terjadi pada mereka yang kurang hati-hati dalam melakukan memilih penyedia jasa peminjaman. Sehingga berakhir meminjam dana pada lembaga keuangan yang tidak termasuk dalam daftar lembaga penyedia pinjaman tunai resmi yang dimiliki OJK.

Apabila Anda melakukan peminjaman dana pada lembaga yang resmi kemungkinan mengalami penipuan sangat kecil, sebab semua lembaga keuangan yang terdaftar di OJK sudah melewati tahap verifikasi dan terikat aturan yang tidak boleh merugikan masyarakat sebagai nasabah. Karena itu sangat perlu memastikan apakah lembaga tempat Anda meminjam dana sudah terdaftar di OJK atau belum.

Baca juga: Mana Yang Lebih Untung? Ini Perbandingan Kredit Motor Baru dan Bekas

Jangan sampai karena kebutuhan untuk segera mendapatkan dana segar membuat Anda mengambil keputusan dengan tergesa, sehingga membuat penyesalan di kemudian hari. Niat untuk mengurangi masalah malah membuat Anda berkubang ke dalam masalah yang lebih besar. Karena meminjam dana pada lembaga tidak resmi yang ternyata adalah rentenir online.

Mengenal Apa itu OJK

Bagi orang awam mungkin istilah OJK masih asing. OJK merupakan singkatan dari Otoritas  Jasa Keuangan yaitu sebuah lembaga independen yang memiliki tugas, fungsi, dan wewenang dalam pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan segala hal yang berkaitan dengan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan, serta sebagai pelindung konsumen industri jasa keuangan.

Sebagai pelindung pengguna jasa keuangan, jaminan OJK untuk pinjaman dana online sangat diperlukan guna membuat konsumen merasa aman dan nyaman, dalam menggunakan produk jasa lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman online. Selain dapat menyingkirkan sentimen negatif masyarakat mengenai peminjaman dana online. Keberadaan OJK juga dapat mengawasi dan menindak, apabila ada lembaga keuangan yang menyimpang dari aturan.

OJK sebagai lembaga yang berdiri sendiri bebas dari intervensi pemerintah, sehingga keberadaannya sebagai lembaga independen dapat mewujudkan sistem keuangan yang adil. Selain itu, mampu melindungi dan mengayomi konsumen pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Intinya, apabila Anda mengalami penipuan oleh suatu lembaga keuangan dapat langsung menghubungi bagian pengaduan OJK.

Situs resmi OJK dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja. Di situs tersebut terdapat nomor kontak dan alamat kantor OJK yang dapat dihubungi, jika Anda mengalami permasalahan yang berkaitan dengan jasa keuangan. OJK juga kerap melakukan penyuluhan demi menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang penyelenggaraan fintech lending atau yang dikenal dengan pinjaman dana online.

Tujuan dan Tugas OJK

OJK dibentuk pada tahun 2011 berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 tahun 2011. Tujuan utama dibentuknya OJK adalah demi mewujudkan terselenggaranya keteraturan, keadilan, dan transparansi seluruh kegiatan di sektor jasa keuangan. Keberadaan OJK diharapkan mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil. Serta dapat melindungi kepentingan masyarakat dan konsumen.

Tugas dan wewenang OJK  dalam kegiatan jasa keuangan meliputi tugas pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan dan non perbankan, pasar modal, asuransi, dana pensiun, lembaga pembiayaan serta lembaga jasa keuangan lainnya. Setidaknya ada 15 bank yang terdaftar dan diawasi OJK serta 99 lembaga pinjaman dana resmi.

Untuk dapat melihat daftar bank dan lembaga pinjaman dana yang tercatat di OJK, Anda dapat langsung mengunjungi portal resmi OJK. Ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan dari situs resmi OJK, baik mengenai perbankan, asuransi, lembaga keuangan syariah dan informasi yang berkaitan dengan jasa keuangan Indonesia lainnya.

Jaminan Keamanan Kredit Online oleh OJK

Bagi Anda yang masih menyimpan rasa takut untuk melakukan pinjaman online, sebaiknya mulai menepis pikiran negatif tersebut. Karena OJK sudah memberikan jaminan keamanan apabila Anda meminjam dana tunai lewat aplikasi lembaga yang telah terdaftar di OJK. Anda dapat mengenali resmi tidaknya sebuah lembaga peminjaman dengan ciri berikut:

  1. Perusahan peminjaman yang resmi memiliki legalitas yang jelas. Akta pendirian, izin usaha, kantor tetap, website resmi yang dapat dikunjungi setiap saat, serta alamat email yang valid.
  2. Layanan pelanggan jelas dan mudah dihubungi, artinya sebuah lembaga peminjaman resmi akan selalu menyediakan customer service, di mana Anda bisa bertanya seputar masalah peminjaman dana online.
  3. Transparan mengenai segala pengaturan dalam peminjaman dana, seperti jumlah bunga, jatuh tempo, dan biaya-biaya terkait.
  4. Kemudahan melakukan pengecekan status peminjaman.
  5. Lembaga peminjaman yang resmi akan menepati janji yang diberikan, terutama dalam iklan dan promosi yang mereka sebarkan.

Pada awal Februari lalu, OJK telah merilis daftar 231 lembaga peminjaman online yang ilegal. Walaupun sudah ada OJK yang melindungi Anda sebagai konsumen, tapi sikap kehati-hatian tetap harus selalu diutamakan dalam melakukan tindakan peminjaman dana dengan sistem online maupun offline. Sebab perlindungan pertama berasal dari diri Anda sendiri bukan orang lain.

Semakin hari semakin banyak lembaga keuangan yang menawarkan fintech lending. Berbagai promo menarik, diskon, dan kemudahan pengajuan pinjaman dilakukan demi menarik hati calon nasabah. Sebagai pengguna jasa keuangan, Anda bisa mengunjungi situs https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online yang dapat memberikan informasi mengenai pinjaman dengan cicilan murah, bunga rendah, dan lembaga yang memiliki jaminan OJK untuk pinjaman dana online.

 

Tinggalkan Balasan