Istilah Dalam Asuransi yang Harus Kamu Pahami

Istilah Dalam Asuransi yang Harus Kamu Pahami

Bagi sebagian orang, asuransi jiwa belum menjadi hal yang penting. Bahkan ada yang menganggapnya sebagai omong kosong saja. Padahal, kenyataannya kita membutuhkan asuransi jiwa dan kesehatan untuk meminimalisir biaya besar saat terjadi kecelakaan atau sakit. Supaya ngga salah paham, ketahuilah istilah dalam asuransi jiwa dan kesehatan berikut ini.

Pentingnya memiliki asuransi jiwa dan kesehatan

Kenapa pentingĀ sih?

Jadi giniĀ lho, coba bayangin kamu ga punya tabungan apa-apa, dana darurat sedikit, lagi tanggal tua, belom gajian, terus kamu sakit atau kecelakaan dan perlu dirawat di rumah sakit. Pertanyaannya, yang bayar biaya rumah sakitnya siapa?

Kalo ada dana dan masih ada sodara yang siap back up ya enak. Kalo engga gimana? Pake uang siapa?

Maka dari itu kita membutuhkan asuransi jiwa dan kesehatan. Asuransi ini berfungsi sebagai penyedia dana darurat ketika kita mengalami kecelakaan atau mengalami penyakit sehingga harus dirawat.

Baca juga: Tips & Trik Mengatur THR Agar Tidak Cepat Habis

3 keuntungan memiliki asuransi jika sudah memahami polis

1. Cek kebutuhan mu

Kita perlu mencari banyak informasi tentang manfaat asuransi. Atau kamu bisa bertanya kepada rekan atau saudara mu yang sudah mempunyai asuransi. Tanya-tanya dulu aja git.u. Kira-kira apa aja sih kebutuhan kamu. Kemudian sesuaikan dengan budget yang ada.

2. Mempermudah mengajukan klaim

Di dalam polis terdapat banyak sekali poin-poin penting. Contohnya, jumlah iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya (premi), ada manfaat asuransi, syarat-syarat pengajuan klaim.

3. Terhindar dari penipuan

Agen asuransi yang sudah atau akan kamu temui nanti, dia bertugas untuk memberikan informasi sedetil mungkin. Namun, ada kalanya agen asuransi hanya berorientasi pada target penjualan nya saja tanpa memikirkan pelanggannya. Tapi, jika kamu sudah memahami polis asuransi, kamu tidak akan mudah tertipu.

Istilah penting dalam dunia Asuransi

Untuk menambah wawasan kamu dalam dunia asuransi, berikut ada beberapa istilha yang sering digunakan dalam asuransi.

1. Health Insurance

Health Insurance atau Asuransi kesehatan ini memberikan manfaat berupa pembayaran untuk perawatan kesehatan rawat inap maupun rawat jalan.

2. Loss Insurance (asuransi kerugian)

Loss Insurance ini memberikan manfaat berupa biaya penggantian atas kerugian, kerusakan, atau hilangnya keuntungan atas harta benda.

3. Life Insurance (asuransi jiwa)

Mudahnya, asuransi ini menjamin tertanggung untuk mendapatkan uang santunan ketika tertanggung meninggal ataupun cacat.

4. Klaim

Dalam asuransi, klaim merupakan meminta manfaat asuransi atas kerugian yang diderita oleh tertanggung.

5. Tertanggung

Dari tadi ngomongin tertanggung mulu nih. Jadi, tertanggung itu adalah seseorang yang membayar premi dan yang bisa mendapatkan manfaat asuransi.

6. Polis

Surat yang berisi poin-poin kesepakatan antara pihak tertanggung dan perusahaan asuransi.

7. Premi

Iuran yang harus dibayarkan pihak tertanggung kepada perusahaan asuransi selaku pihak penanggung agar mendapat perlindungan atas objek yang dipertanggungkan.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai Asuransi hanya di CekAja.com

https://www.cekaja.com/info/istilah-dalam-asuransi-yang-harus-diketahui-bila-tidak-mau-rugi/

Tinggalkan Balasan