Berhemat Hingga Investasi Saham, Ini Trik Jitu Menabung Ala Kaum Milenial

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika kaum milenial merupakan generasi yang dikenal dengan sifat konsumtifnya. Meski tidak semua generasi memiliki sifat demikian, namun sifat konsumtif bisa menyebabkan pemborosan. Untuk mengantisipasi pemborosan yang tak terkontrol ada baiknya, kaum milenial bisa memulai menabung dengan berbagai cara termasuk cara investasi saham yang bisa dijadikan referensi.

Sebab, dengan adanya sugesti demikian, membuat kaum milenial dinilai tak pandai menabung. Nah, pikiran tersebut harus dibuang jauh-jauh, karena jika semasa muda tidak dibiasakan menabung, maka akibatnya bisa menyusahkan diri sendiri dikemudian hari.

Dari banyaknya cara menabung, berikut beberapa trik jitu yang bisa dijadikan referensi kaum milenial yang berencana ingin menabung:

– Mulai menyisihkan dana pengeluaran

Dengan cara menyisihkan sedikit dari pengeluaran keuangan tiap hari atau bulannya, Anda bisa menyimpannya sebagai tabungan. Namun, bagaimana jika keuangan tetap pas-pasan?

Cara menyisihkan pengeluaran Anda juga bisa dilakukan dengan cara mencari berbagai promo untuk membeli kebutuhan harian Anda. Salah satunya seperti mencari promo makanan, sehingga pengeluaran Anda untuk konsumsi bisa sedikit disisihkan untuk menabung.

Anda bisa mencari akun Instagram Giladiskon, yang bisa membantu Anda mencari informasi tentang promo makanan, diskon, buy one get one hingga cashback dari berbagai mercant. Yang pasti berbagai jenis promo bisa memberikan banyak keuntungan dan Anda pun bisa berhemat, tanpa mengurangi keeksistensian Anda di media sosial.

Baca Juga: Panduan Praktis Mencegah Stres saat Lama Menganggur

– Cari kerja sampingan

Kaum milenial biasanya selalu mengeksplore diri untuk mengetahui banyak hal, seperti contohnya dalam hal pekerjaan. Banyak dari kaum milenial yang mempunyai pekerjaan lebih dari satu dibidang yang berbeda.

Tapi, hal ini ternyata bisa menjadi keuntungan tersendiri loh. Selain menambah wawasan, Anda juga bisa menambah penghasilan yang bisa digunakan untuk ditabung.

Seperti salah satu contoh milenial yang bekerja sebagai pegawai swasta di sebuah perusahaan, namun ia juga memiliki pekerjaan sampingan seperti menjadi driver ojek online ketika weekend, atau penyedia jasa desain ketika waktu senggang dan lain-lain.

– Nabung Emas

Jika orang tua kita sering membeli perhiasan untuk dijadikan investasi, milenial juga sebenarnya bisa melakukan hal demikian. Namun, ada cara asik membeli emas tidak dengan uang tunai, melainkan dengan cicilan.

Salah satu platform yang aman untuk menabung emas antara lain adalah Pegadaian. Dalam hal memilih platform Anda juga harus berhati-hati, karena Anda harus mencari wadah yang aman dan terpercaya.

– Nabung di Fintech (Financial Technology)

Perkembangan fintech sepertinya sudah diketahui oleh sebagian kaum milenial yang melek teknologi. Platform yang satu ini menggunakan sistem yang memungkinkan Anda untuk menginvestasikan uang yang dimiliki ke pada bisnis menengah yang nantinya akan dikembalikan dengan bunga yang telah ditetapkan, namun bergantung pada risiko bisnis tersebut.

Nah, salah satu program yang bagus untuk milenial dalam hal menabung adalah “Yuk Nabung Saham”, yang digalakkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Melalui program ini, diharapkan dapat merubah paradigma masyarakat terutama kaum milenial akan mahalnya melakukan investasi di pasar modal.

Bagi belum mengerti, saham merupakan sebuah bukti kepemilikan perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Intstrumen saham merupakan salah produk pasar modal yang bersifat jangka panjang.

Bahkan hingga saat ini sudah ada sekitar 610 perusahaan yang sahamnya diperjualbelikan BEI, dengan tujuan untuk memudahkan Anda para investor untuk melakukan transaksi. Tidak hanya itu, BEI pun menyiapkan indeks saha, yang terdiri dari 45 saham pilihan.

Keseluruhan saham tersebut diberinama indeks LQ45. Didalam indeks ini berisi saham dengan likuiditas dan kapitalisasi pasar yang tinggi dari jumlah keseluruhan saham yang ada di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan daftar Saham dalam LQ45 dilakukan setiap 6 bulan.

Nah kalau Anda ingin berinvestasi sekaligus memajukan perekonomian bangsa, tidak ada salahnya untuk memulai investasi di pasar modal, dan prosesnya pun cukup mudah.

Untuk mengetahui langkah-langkah cara berinvestasi saham, Anda bisa mengunjungi situs Cekaja.com di link berikut ini:

https://www.cekaja.com/investasi/news/130159-langkah-langkah-cara-berinvestasi-saham.html

Tinggalkan Balasan