5 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa Sejak Dini

asuransi jiwa

Pembicaraan tentang asuransi jiwa, tentu sudah sering anda dengar, namun pemahaman yang belum sempurna sering membawa anda kepada sikap acuh pada asuransi jiwa. Padahal, asuransi jiwa adalah bentuk perlindungan anda terhadap diri anda sendiri dan keluarga anda. Lalu apakah alasan pentingnya asuransi jiwa sejak dini? Sebelum menjawab pertanyaan ini ada baiknya anda mengenal lebih dahulu apa itu asuransi jiwa.

Lalu apa itu asuransi jiwa? Asuransi jiwa adalah perlindungan dari kerugian finansial yang mungkin dihadapi disebabkan meninggal di usia muda, atau hidup yang terlalu lama. Asuransi jiwa biasanya diberikan dalam bentuk uang pertanggungan kepada ahli waris yang tertanggung saat yang tertanggung meninggal dunia.

Uang pertanggungan ini dapat digunakan ahli waris untuk melanjutkan hidup, biaya pendidikan, modal usaha dan lain-lain.  Bukan hanya itu, uang pertanggungan ini juga dapat dicairkan ketika yang tertanggung membutuhkan dana untuk urusan mendesak, seperti untuk biaya pendidikan anak.

Nah berikut beberapa alasan mengapa asuransi jiwa penting dimiliki sejak dini:

  1. Premi yang lebih murah. Salah satu faktor yang menentukan besarnya jumlah premi yang harus dibayarkan adalah usia. Maka, semakin dini anda memulai maka semakin ringan juga premi yang harus anda bayar.
  2. Kematian adalah hal yang pasti dan tidak melihat usia. Tentu anda sering mendengar kabar tentang mereka yang meninggal di usia muda baik karena kecelakaan atau sakit. Karenanya, memiliki perlindungan sejak usia dini bukanlah hal yang sia-sia.
  3. Mendisiplinkan diri. Banyak yang beralasan bahwa mereka sudah memiliki pengeluaran yang cukup besar, dan asuransi hanya menambah beban. Jika anda mengetahui manfaat yang didapat dari asuransi, tentu anda akan berkomitmen untuk membayar premi dan mendisiplinkan diri dalam mengatur keuangan.
  4. Melindungi diri dan keluarga dari ketidakpastian hidup, terutama bagi anda yang menjadi tulang punggung keluarga atau kepala keluarga. Sebagian besar pencari nafkah utama di dalam keluarga adalah ayah. Lalu bagaimana jadinya jika sang ayah meninggal secara tiba-tiba? Mungkin saja keluarga akan mengalami kesulitan secara finansial dan anak-anak terancam tidak dapat meneruskan pendidikan. Oleh sebab itu, penting bagi anda menyiapkan asuransi jiwa sejak dini.
  5. Sebagai sarana investasi dan tabungan. Beberapa produk asuransi jiwa juga menawarkan fungsi lainnya yang dibungkus dalam satu paket produk, seperti asuransi jiwa unit link dan asuransi jiwa dwiguna. Asuransi jiwa unit link menggabungkan fungsi proteksi dan investasi, yaitu dengan reksadana atau saham yang dikelola oleh pihak perusahaan asuransi. Sedangkan, asuransi jiwa dwiguna menggabungkan fungsi proteksi dan simpanan. Karenanya, memiliki asuransi jiwa sejak dini bukanlah kesia-siaan.

Itulah 5 alasan pentingnya asuransi jiwa sejak dini. Jika anda belum memiliki asuransi jiwa, ada baiknya mulai menyisihkan sedikit penghasilan anda untuk hidup yang lebih tenang di kemudian hari.

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut seputar asuransi jiwa, anda bisa mengaksesnya di https://www.cekaja.com/asuransi-jiwa.

Tinggalkan Balasan